Sabtu, 12 September 2020

PERANGKAT DASAR KOMPUTER

1. MOTHERBOARD

Pengertian Motherboard

Secara umum pengertian motherboard adalah sebuah PCB atau Printed Circuit Board yang menyediakan sebuah jalur konektivitas elektronik sehingga setiap perangkat keras dan komponen dapat saling terhubung.

Di dalam PCB juga terdapat sebuah chip yang didalamnya terpasang program penggerak. Komponen-komponen yang terdapat di papan sirkuit berupa RAM, hard disk, Processor, Video Card, dan lain sebagainya.

[sumber: https://www.selamatpagi.id/pengertian-motherboard/

Pengertian Chipset

1. Northbridge

Intel i815EP northbridge. Sumber :en.wikipedia.org

Suatu northbridge secara umum bisa dikatakan lebih mempengaruhi kinerja mainboard dibandingkan dengan southbridge. Hal ini disebabkan northbridge ini bisa dibilang menangani prosesor, memori utama, kartu grafis, dan bahkan southbridge. Karena fungsinya yang menghubungkan beberapa komponen di atas itulah, northbridge sangat mempengaruhi kinerja dari sistem.
Northbridge disebut juga dengan nama memory controller hub (MCH). Perusahaan pembuat chipset yang menggunakan nama sebutan MCH ini adalah Intel. Sedangkan AMD, VIA dan perusahaan lainnya lebih banyak menggunakan nama sebutan northbridge. Northbridge memiliki peran khusus yang sangat penting dalam suatu sistem motherboard.
Northbridge adalah bagian yang menghubungkan prosesor (CPU) ke sistem memori dan graphics controller (AGP dan PCI Express) melalui bus berkecepatan tinggi, dan ke southbridge. Dengan demikian, Northbridge bertugas mengendalikan/ menangani komunikasi antara CPU, RAM, AGP atau PCI Express, dan southbridge. Bahkan pada sebagian chipset, di dalam northbridge juga berisi integrated video controller (pengendali video terintegrasi). Pada sistem Intel istilah integrated video controller ini disebut dengan nama Graphics and Memory Controller Hub (GMCH). Northbridge juga berperan menentukan jumlah, type dan kecepatan CPU yang dapat dipasangkan pada motherboard, termasuk menentukan jumlah, kecepatan dan type RAM yang dapat digunakan. Setiap jenis chipset, kebanyakan dirancang hanya untuk mendukung seri prosesor tertentu saja, dengan jumlah RAM yang dapat dipasangkan bervariasi bergantung type prosesor dan desain motherboardnya sendiri.
Prosesor-prosesor terbaru cukup sering memerlukan northbridge yang baru juga agar dapat bekerja dengan baik. Baru-baru ini dual kanal memori utama menjadi tren. Kemampuan untuk mendukung dual kanal memori utama ini jelas ditentukan oleh northbridge yang digunakan. Selain masalah dual kanal, masalah mengenai frekuensi kerja dan timing dari memori utama juga dipengaruhi oleh northbridge ini. Wajar saja karena controller memori tentunya berada pada northbridge tersebut. Untuk prosesor, northbridge ini jelas mempengaruhi FSB (Front Side Bus) yang didukung dan fitur yang didukung (misalnya Hyper-Threading), di samping hal-hal lain tentunya. Jenis memori utama dan prosesor yang didukung juga ditentukan oleh northbridge ini. Hal yang sama juga berlaku untuk kartu grafis. Kartu grafis masa kini bisa dikatakan hampir semuanya menggunakan interface AGP. Dukungan akan versi AGP yang digunakan jelas diberikan oleh northbridge. Sebelum adanya AGP, kartu grafis menggunakan interface PCI dan tidak dihubungkan secara langsung dengan northbridge.
Northbridge berperan penting dalam seberapa jauh komputer dapat overclocked , karena frekuensi biasanya digunakan sebagai dasar untuk CPU untuk mendirikan frekuensi operasi sendiri . Chip ini biasanya akan lebih panas seperti kecepatan prosesor menjadi lebih cepat , karna itu membutuhkan pendingin yang lebih . Ada batas untuk overclocking CPU , seperti sirkuit digital dibatasi oleh faktor fisik seperti delay propagasi yang meningkat dengan (antara faktor-faktor lainnya) suhu operasi , akibatnya aplikasi overclocking yang paling memiliki perangkat lunak yang dikenakan batasan pada multiplier dan pengaturan jam eksternal .

2. Southbridge

Sebuah bagian dari motherboard laptop IBM T42, dengan label berikut: CPU (central processing unit), NB (northbridge), GPU (graphics processing unit), dan SB (southbridge). Sumber :en.wikipedia.org

Southbridge adalah bagian dari chipset yang mengontrol bus IDE, USB, dukungan Plug and Play, menjembatani PCI dan Isa, mengontrol keyboard dan mouse, fitur power management dan sejumlah perangkat lainnya. Southbridge berhubungan dengan pheriperal, memalui jalur penghubung yang kecepatannya (kecepatan bus) lebih lambat (misalnya bus PCI dan bus ISA) dibandingkan jalur penghubung yang digunakan oleh northbridge. Pada beberapa chipset modern, southbridge sebenarnya mengandung (memuat) pheripheral yang terintegrasi pada chip, seperti ethernet, USB, dan audio.
Southbridge ini bisa dikatakan menangani komponen lain yang tidak ditangani oleh northbridge. Southbridge ini menangani hal-hal seperti PCI, USB, kartu suara onboard, IDE, dan beberapa hal lain. Kinerja sistem juga akan dipengaruhi oleh southbridge ini. Bila southbridge tidak mendukung interface ATA berkecepatan tinggi misalnya, kinerja sistem khususnya yang sering mengakses harddisk akan terhambat. Selain masalah kinerja harddisk, kinerja sistem juga bisa dipengaruhi oleh kartu tambahan lainnya yang terpasang pada PCI. Bila kinerja PCI yang tersedia tidak baik, kinerja sistem juga akan terganggu. Jangan lupa juga akan kartu suara dan kartu jaringan yang onboard. Kartu suara onboard AC’97 misalnya, kinerjanya akan dipengaruhi oleh southbridge yang memang mengandung AC’97 Controller. Satu hal yang jelas, sehebat apapun kinerja dari southbridge, southbridge ini masih dihubungkan ke northbridge. Oleh karena itu, besarnya bandwidth yang tersedia antara southbridge dengan northbridge ini juga bisa mempengaruhi kinerja dari komputer itu.
Southbridge biasanya mengimplementasikan kemampuan lebih lambat dari motherboard dalam sebuah arsitektur komputer Northbridge / Southbridge chipset . Dalam sistem chipset Intel , Southbridge bernama Input / Output Controller Hub (ICH) . Pada AMD , dimulai dengan APUS Fusion , telah diberi label FCH (Fusion Controller Hub) , untuk southbridge-nya . Southbridge yang biasanya dapat dibedakan dari Northbridge karena tidak terhubung langsung ke CPU . Sebaliknya , Northbridge yang mengikatkan / menghubungkan Southbridge ke CPU . Melalui penggunaan controller terintegrasi saluran sirkuit , northbridge dapat langsung menghubungkan sinyal dari I / O unit ke CPU untuk kontrol data dan akses data . Karena dorongan untuk System-on-a-chip (SoC) prosesor , perangkat modern semakin telah northbridge terintegrasi ke CPU sendiri.

B. Fungsi Southbridge dan Northbridge

1. Fungsi ditemukan di Southbridge kontemporer meliputi :

  • ·PCI bus. Dukungan PCI bus termasuk spesifikasi PCI tradisional, tetapi juga termasuk dukungan untuk PCI-X dan PCI Express .
  • ·ISA bus atau LPC Bridge . Meskipun dukungan ISA jarang digunakan , telah berhasil tetap menarik menjadi bagian yang terintegrasi pada southbridge modern . Jembatan LPC menyediakan jalur data dan kontrol ke Super I / O (lampiran normal untuk keyboard, mouse, port paralel, port serial, port inframerah, dan controller floppy) dan FWH (firmware hub yang menyediakan akses ke BIOS flash storage) .
  • · SPI bus . Bus SPI adalah bus serial sederhana banyak digunakan untuk firmware (misalnya BIOS) flash storage access .
  • ·SMBus . SMBus ini digunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di motherboard (misalnya sistem sensor suhu , pengendali kipas) .
  • ·DMA controller . Kontroler DMA memungkinkan LPC ISA atau akses langsung ke perangkat memori utama tanpa perlu bantuan dari CPU .
  • ·Interrupt controller seperti 8259A dan / atau I / O APIC . The interrupt controller memberikan sebuah mekanisme untuk perangkat terpasang untuk mendapatkan perhatian dari CPU .
  • ·Penyimpanan massal controller seperti PATA dan / atau SATA . Hal ini biasanya memungkinkan lampiran langsung dari drive sistem drive .
  • · Real-time clock .  Real-time clock  memberikan laporan waktu persisten .
  • ·Manajemen daya (APM dan ACPI) . APM atau ACPI fungsi memberikan metode dan signaling untuk mengizinkan komputer tidur atau menutup untuk menghemat daya .
  • · BIOS nonvolatile memori . CMOS sistem , dibantu oleh tambahan daya baterai , membuat wilayah non-volatile penyimpanan yang terbatas untuk data konfigurasi sistem .
  • ·AC'97 atau Intel High Definition Audio antarmuka suara .
  • ·Out-of-band manajemen kontroler seperti BMC atau HECI .
Secara fakultatif , Southbridge juga termasuk dukungan untuk Ethernet , RAID , USB , audio codec , dan FireWire . Dimana dukungan disediakan untuk non-USB keyboard , mouse , dan serial port , mesin biasanya melakukannya melalui perangkat disebut sebagai saya Super I / O ; masih lebih jarang , southbridge langsung dapat mendukung keyboard , mouse , dan port serial .
 

PENGERTIAN SLOT EKSPANSI

Slot Ekspansi adalah Suatu papan sirkuit yang terintegrasi dengan motherboard dan digunakan untuk menancapkan komponen tambahan komputer yang berupa kartu ekspansi seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card dll. Slot Ekspansi juga disebut dengan nama socket.

Fungsi Slot Ekspansi adalah tempat untuk menancapkan komponen tambahan komputer.dan untuk mengembangkan tingkat performance pada komputer sesuai dengan perkembangan teknologi.komunikasi dan lalu litas data di dalam motherboard yang berada di dalam saluran bus.

JENIS-JENIS SLOT EKSPANSI

SLOT AGP (ACCELERATED GRAPHICS PORT)

Slot AGP adalah slot yang bekerja kusus sebagai pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
Slot AGP pertama kali diciptakan oleh Intel dalam seri chipset Intel 440 pada Juli tahun 1996.  Slot AGP bersifat independen dari PCI yaitu hanya dapat bekerja pada slot AGP saja.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.
Slot AGP biasanya memiliki warna berbeda dan terletak satu inci dibawah slot PCI. AGP 2.0 terkini menetapakan interface yang mendukung 1x dan 2x kecepatan pada 3.3V dan 1x, 2x dan 4x kecepatan pada sinyal 1.5V. AGP 3.0 adalah spesifikasi paling baru yang dapat menentukan skema sinyal baru untuk 4x dan 8x kecepatan pada tingkat sinyal .8V. AGP 3.0 mengirimkan lebih dari 2.1 GB/detik dari bandwidth (lebar pita) untuk mendukung aplikasi yang penuh dengan grafik, termasuk foto dan video digital.

SLOT ISA (INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE)

Slot ekspansi tertua yang disebut Slot ISA adalah slot ekspansi 8-bit memiliki kecepatan transfer 4.77 Mbyte/detik atau8.33 Mbyte/detik. Meskipun  kecepatani transfer rate yang rendah, ISA mencukupi kebutuhan saat itu, karena bus-bus I/O semacam serial port, parallel port,kontrolir floppy disk, kontrolir keyboard dan lainnya juga memiliki kecepatan yang rendah. Slot ISA memiliki 62 konektor. Meski desainnya sederhana, IBM tidak langsung mempublikasikan spesifikasinya saat diluncurkan IBM PC 5150 pada tanggal 12 Agustus 1981, tapi harus menunggu hingga tahun 1987, sehingga paramanufaktur perangkat pendukung agak kerepotan membuat perangkat berbasis ISA 8-bit dan slot ISA 16-bit dengan nilai transfer rate 2 MB/sec yang dikembangkan oleh IBM yang diperkenalkan pada tahun 1984, ketika IBM merilis IBMPC/AT dengan mikroprosesor Intel 80286. Slot ISA 16 bit di kembangkan dengan menambahkan 36 konektor dari konektor sebelumnya dan sekarang menjadi 96 konektor yang pertama kalidiluncurkan pada Agustus tahun 1984.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Tahun 1987, IBM memperkenalkan bus Extended ISA (EISA) 32-bit, yang memuat chip Pentium. EISA menjadi cukup dikenal di pasar PC. Pada era sekarang slot ISA digantikan oleh slot PCI dalam sistem yang baru dan sulit ditemukan pada motherboard Pentium 4 keatas, namun masih kebanyakan motherboard masih mengikutkan satu atau dua slot ISA untuk kompatibilitas kembali dengan kartu ekspansi yang lama.

SLOT PCI (PERIPHERAL COMPONENT INTERCONNECT)

Standar bus PCI inidikembangkan oleh konsorsium PCI Special Interest Group yang dibentuk oleh IntelCorporation dan beberapa perusahaan lainnya, pada tahun 1992. Tujuan dibentuknya bus ini adalah untuk menggantikan Bus ISA/EISA yang sebelumnya digunakan dalamkomputer IBM PC atau kompatibelnya.Komputer lama menggunakan slot ISA, yang merupakan bus yang lamban. Sejak kemunculan-nya sekitar tahun 1992, bus PCI masih digunakan sampai sekarang, hinggakeluar versi terbarunya yaitu PCI Express (add-on). Tujuan utama bus PCI adalah untuk memungkinkan akses langsung ke CPU untuk peranti seperti memori dan video.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Untuk struktur bus umumnya PCI dapat dikonfigurasikan sebagai bus 32 bit atau 64 bit. Sedangkan setiap transfer data pada bus PCI merupakan transaksi yang terdiri dari fase alamat dan fase data.

SLOT PCI EXPRESS

PCI Express (PCI-E/PCIex) adalah slot ekspansi module, di desain untuk menggantikan PCI bus yang lama. PCI Express memiliki transfer data yang lebih cepat, terutama untuk keperluan grafis 3D. Slot ini memiliki kecepatan 1x, 2x, 4x, 8x, 16x and 32x, tidak seperti PCI biasa dengan sistim komunikasi paralel. PCI Express menggunakan sistem serial dan mampu berkomunikasi 2 kali (tulis/baca) dalam satu rute clock.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.

Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.


SLOT EISA (ENHANCED INDUSTRY STANDARD ARCHITECTURE)

Bus EISA pertama kali diperkenalkan pada September 1988 sebagai respons dari peluncuran bus MCA oleh IBM, mengingat IBM hendak "memonopoli" bus MCA dengan mengharuskan pihak lain membayar royalti untuk mendapatkan lisensi MCA. Compaq Computer Corporation juga termasuk salah satu vendor yang menyumbang terbesar dan pembentuk organisasi nonprofit  EISA Committee untuk mengatur pengembangan bus EISA.

EISA lebih banyak digunakan dalam sistem server. Karena slot ini memang sengaja diperuntukkan untuk meng-handle pekerjaan yang lebih berat dari ISA. EISA memiliki fitur bus mastering yang dapat membuatnya bekerja tanpa membebani kerja CPU. Contoh card yang menggunakan slot ini adalah SCSI card. Berhubung slot ini tidak mengganggu kerja CPU, maka slot ini cukup tepat untuk digunakan dalam meningkatkan kecepatan kerja komputer Anda.

SLOT PCMCIA (PERSONAL KOMPUTER MEMORY CARD INTERNATIONAL ASSOCIATION)

SLOT PCMCIA terpasang perangkat yang memiliki mobilitas tinggi, seperti notebook.  Namun, dengan perkembangan teknologi SLOT PCMCIA sekarang tersedia juga untuk PC dengan menggunakan interface 68 pin dan disediakan sebagai fitur ekspansi dari sebuah sistem.
Pengertian Slot Ekspansi, Jenis-Jenis Slot Ekspansi.
Slot PCMA memiliki beberapa tipe seperti :

Tipe 1

Berfungsi sebagai RAM atau flash memory dan memiliki ketebalan sebesar 3.3 mm. Tipe 1 sering terdapat pada PDA atau kamera digital.

Tipe 2

Berfungsi sebagai modem atau adapter dan memiliki ketebalan 5 mm dan biasanya.

 Tipe 3

Berfungsi sebagai alat tambahan seperti harddisk dan memiliki ketebalan 10.5 mm. Pada slot PCMCIA tipe 3 dapat digunakan pada peripheral dengan tipe slot 1 dan 2 karena setiap slot membutuhkan jalur komunikasi yang digunakan untuk menghubungkan card dengan CPU. Jalur komunikasi ini terdiri atas IRQ, DMA, dan memory address.

SLOT VESA (VIDEO ELECTRONICS STANDARD ASSOCIATION)

Slot VESA digunaka untuk keperluan grafis yang membutuhkan kecepatan tinggi, seperti video card. Transfer rate yang dimiliki oleh slot VESA  adalah 132 MB/sec. Pada dasarnya sama dengan ISA slot, namun VESA memiliki slot tambahan dibelakangnya sehingga total panjang yang dimiliki VESA lebih besar 4 inci dari ISA slot.

[sumber: http://mastukibps.blogspot.com/2017/02/pengertian-dan-jenis-jenis-slot.html ]

Jenis dan Kegunaan Masing-masing Port pada Komputer

Secara umum, ada beberapa jenis – jenis port yang bisa kita temui dari sebuah komputer, begitu pula fungsi dan juga kegunaan dari masing – masing port berbeda – beda. Berikut ini adalah beberap jenis dari port pada komputer :

1. Port Serial

Port SerialPort ini merupakan jenis port yang dulu umum digunakan untuk keyboard, mouse, dan juga PLC (programmable logic controller). Port ini menggunakan jenis konektor RS – 232C, yang memiliki jumlah pin antara 9 hingga 25 pin.

Saat ini, port serial sudah jarang digunakan, mengingat banyak koneksi komputer bisa dilakukan dengan menggunaka port USB standar.

2. Port Paralel

port ParallelPort parallel merupakan jenis port yang digunakan untuk konektivitas yang membutuhkan kecepatan. Biasanya, penggunaan port parallel ini bekerja dengan 8 bit per waktunya, sehingga cocok untuk transmisi data jarak dekat dan cepat.

Penggunaan dan Fungsi Port Paralel

Biasanya, penggunaan port parallel ini banyak digunakan untuk kepentingan printer parallel, zip drive dan juga harddisk eksternal. Port ini menggunakan konektor DB – 25 dengan jumlah sebanyak 25 pin. Sekali lagi, penggunaan port ini juga sudah cukup jarang ditemui, karena kalah dengan kepraktisan dari USB port.

3. Port USB

port USBPasti sudah tidak asing lagi dengan port yang satu ini kan? Ya, USB merupakan port standar yang saat ini banyak digunakan di dalam teknologi sistem komputer. USB merupakan kependekan dari Universal Serial Bus. Dari namanya saja sudah bisa dideteksi bahwa port ini bisa digunakan untuk berbagai kepentingan (universal).

Penggunaan port USB behasil mementahkan peranan dan juga fungsi dari port serial dan parallel, serta port – port ‘klasik’ lainnya, sehingga jelas – jelas memangkas jumlah port yang ada di dalam sebuah komputer.

Penggunaan dan Fungsi Port USB

Port USB memiliki banyak sekali fungsi, seperti fungsi untuk storage device, mouse, keyboard, transfer data antar device, charging gadget. Karena fungsi universal ini, maka port USB saat ini tidak hanya berada pada komputer atau laptop biasa saja, namun banyak digunakan pada media player, televisi, handphone, hingga head unit pada sebuah mobil.

4. Port VGA

port VGAPort VGA merupakan port yang masih banyak digunakan hingga saat ini. port VGA merupakan port yang diliki oleh VGA Card atau graphic card pada sebuah komputer. Konektor dari port VGA ini menggunakan konektor DE 15 dengan jumlah 15 pin.

Penggunaan dan Fungsi Port VGA

Fungsi utama port VGA adalah mentransmisikan data graphic dari sebuah komputer menuju display atau output. Display atau output yang bisa digunakan adalah display monitor, televisi, projector. Kelemahannya? Konektor VGA tidak dapat mentransmisikan sinyal suara. (Baca juga mengenai fungsi VGA Card)

5. Port InfraRed

port infraredPort infrared atau infra merah saat ini sudah jarang ditemui pada komputer. Meskipun fungsinya untuk mengkoneksikan perangkat wireless dengan komputer, namun karena banyak perangkat wireless sudah menyertakan inframerah (dalam bentuk USB) di paket penjualannya, maka penggunaan port infra merah sudah jarang digunakan.

6. Port PS/2

port ps/2Merupakan salah satu jenis port ‘klasik’ Sering digunakan pada komputer jenis PC untuk menghubungkan keyboard dan juga mouse. Bentuk konektornya adalah bulat dengan banyak pin. Namun demikian, saat ini port PS/2 sudah sangat jarang digunakan, mengingat penggunaan USB yang benar – benar mendominasi dalam penggunaan perangkat eksternal komputer.

7. Port Audio

Port AudioPort audio, maka sudah pasti fungsinya adalah untuk mentransmisikan suara yang dihasilkan dari komputer menuju output audio eksternal, seperti speaker dan juga headphone. Port audio dimiliki oleh soundcard, dimana kualiatas output suara tergantung pada kualitas souncard.

Pada komputer standar, biasanya hanya mendukung port audio untuk output stereo, dengan menggunakan satu port output saja. Namun pada soundcard yang lebih canggih, mendukung output suara 5.1 hingga 9.1 untuk kepentingan tertentu.

Port LAN

Port LANPort LAN merupakan port yang dimiliki oleh salah satu perangkat keras jaringan komputer, yaitu Ethernet atau LAN Card. Untuk lebh jelas mengenai LAN Card, maka anda bisa membaca fungsi dari LAN Card.

9. Port HDMI

Port HDMIHDMI merupakan port pengembangan dari graphic card. HDMI merupakan kependekan dari High definition Multimedia interface, dimana HDMI mendukung semua bentuk multimedia.

Fungsinya sama seperti Port VGA, hanya saja HDMI mampu mentransmisikan media dengan kualitas HD dan dapat mentransmisikan sinyal suara. Saat ini HDMI merupakan pilihan untuk menampilkan display komputer pada layar yang lebih besar, seperti monitor TV, dan projector.

10. Port Power Source

Port PowerJangan lupakan port yang satu ini. Tanpa adanya port power source, maka komputer secanggih apapun tidak akan bisa berfungsi. Port power source bertugas untuk memberikan asupan listrik bagi komputer agar bisa menyala.

Refrensi :http://dosenit.com/hardware/fungsi-port-pada-komputer

[sumber: http://blog.unnes.ac.id/sutrisno/2017/02/14/jenis-jenis-dan-fungsi-port-pada-komputer/

Tips Memilih Motherboard berikut ini.

1. Socket Processor

Tips Memilih Motherboard pertama yang  harus diperhatikan adalah bagian socket processor. Processor merupakan otak dari semua komponen komputer. Maka dari itu bagian ini perlu Anda perhatikan baik-baik. Anda perlu memilih socket processor yang sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja, jika Anda lebih senang menggunakan processor milik Intel, maka Anda harus memastikan socket processor yang digunakan dapat digunakan untuk processor tipe Intel. Begitu juga dengan socket processor untuk tipe AMD. Jangan sampai Anda membeli processor yang socketnya mendukung AMD tapi Anda memilih processor dari Intel.

Pemilihan socket motherboard ini juga berhubungan dengan versi upgrade dari processor itu sendiri. Seperti yang telah diketahui bahwa upgrade processor baik AMD maupun Intel tersu mengalami perkembangan. Hal ini juga berhubungan dengan ukuran chipset tersebut. Dengan mempertimbangkan soket processor Anda tidak perlu repot-repot mengganti motherboard baru jika ingin upgrade processor.

2. Ukuran motherboard

Ukuran motherboard juga perlu Anda perhitungkan. Umumnya jenis motherboard saat ini memiliki empat jenis. Jenis pertama adalah EATX, kedua adalah ATX, ketiga Micro-ATX dan keempat adalah mini-ITX. Hal ini berhubungan erat dengan casing CPU yang digunakan. Selain itu, ukuran motherboard ini juga berpengaruh terhadap jumlah PCI serta slot di dalam motherboard. Untuk itu, pastikan Anda memilih ukuran motherboard sesuai dengan casing yang Anda gunakan.

3. Fitur di dalam Motherboard

Fitur motherboard juga perlu menjadi perhatian selanjutnya. Contoh Fitur-fitur motherboard seperti M.2 slot, RGB Syncm, USB type C, Wifi, Amplifier, dan masih banyak lagi. Pastikan Anda memilih fitur-fitur yang pentingnya saja. sebab, semakin banyak fitur yang diinginkan, maka semakin mahal harga motherboardnya.

4. Jumlah Slot RAM

Jumlah slot RAM komputer juga sanagt penting untuk dipertimbangkan. Jumlah slot RAM ini memungkinkan Anda untuk melakukan upgrade RAM suatu saat bila dibutuhkan. Minimal, Anda pilih motherboard yang memiliki dua slot RAM. Dengan begitu Anda bisa menggunakan satu slot untuk RAM utama dan slot selanjutnya untuk penambahan RAM nanti. Namun, akan jauh lebih baik jika Anda memilih motherboard yang banyak menggunakan slot RAM misalnya 4 slot atau bahkan lebih.

5. Jumlah slot PCI Express

Tidak berbeda jauh dengan Tips Memilih Motherboard sebelumnya, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan jumlah slot PCI express yang terdapat di dalam motherboard. Fungsi PCI Express sangat berguna untuk menambahkan port USB, audio card, port SATA, dan berbagai port lainnya. Akan tetapi, ini kembali lagi pada kebutuhan Anda sendiri. Jangan sampai anggaran yang digunakan habis hanya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

6. Jumlah port dalam motherboard

Port motherboard sangat dibutuhkan untuk mendukung berbagai perangkat yang nantinya akan dbutuhkan. Contohnya adalah USB tipe 3.0 atau 3.1, USB type C, HDMI, LAN, Audio, dan berbagai port lainnya. Sama halnya dengan beberapa poin sebelumnya bahwa pastikan Anda memilih port motherboard sesuai dengan kebutuhan. Jika menggunakan port yang lengkap tentu harganya akan lebih mahal. Apalagi, jika port-nya tidak digunakan sama sekali, tentunya akan sangat mubazir karena suatu saat akan banyak debu yang menempel dan akhirnya rusak.

7. Onboard Audio

Beberapa motherboard modern telah menggunakan onboard audio processor sehingga kita tidak perlu membutuhkan speaker tambahan untuk mengeluarkan suara. Secara kualitasnya pun, audio onboard ini tidak kalah dengan dengan sistem audio yang lainnya. Namun, bagian ini bisa dianggap opsional. Apabila Anda lebih suka menggunakan speaker khusus untuk mengeluarkan suaranya, maka bagian ini bisa Anda lewati.

8. Penampilan Moherboard.

Tampilan motherboard zaman sekarang sudah berbeda dengan zaman dahulu. Kini, Anda bisa melengkapi motherboard dengan RGB LED. Umumnya, motherboard yang menggunakan RGB LED lebih banyak digunakan para gamer. Akan teapi, tentunya dari sisi harga lebih mahal jika dibandingkan motherboard tanpa RGB. Maka dari itu, kembali lagi ke bagian anggaran yang Anda punya.

Itulah 8 tips memilih motherboard yang bagus dan berkualitas terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda melakukan survey terlebih dahulu mengenai harga motherboard saat ini. Setelah Anda sudah memiliki anggaran yang cukup untuk membeli motherboard, maka Anda akan mudah dalam menyesuaikan anggaran dengan motherboard yang dibutuhkan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

[sumber: https://dosenit.com/hardware/motherboard/tips-memilih-motherboard


2. PROCESSOR 

Pengertian Prosesor

Prosesor adalah otak dari suatu komputer, prosesor biasanya sering dikenal juga dengan CPU (Central Processing Unit), yakni suatu chip yang berbentuk IC (Integrated Circuit) yang mengontrol seluruhan sistem komputer terutama dalam menjalankan intruksi, pengolah serta dipakai sebagai pusat atau otak dari kegiatan komputer dalam melakukan perhitungan dan menjalankan tugas input serta output.

√Cara Kerja Prosesor : Pengertian, Jenis Beserta Contoh, Fungsi dan Cara Kerjanya

Prosesor berada pada soket yang berada di Motherboard, mengelolanya serta melakukan komunikasi. Oleh sebab itu processor adalah alat atau yang sangat dibutuhkan paling utama, namun, kalau tidak ada komponen yang lainnya maka processor tidak bisa bekerja dengan sangat baik karena komponen komputer itu saling terhubung satu sama lain.

[sumber: https://pengajar.co.id/prosesor-adalah/

Pengertian ALU

Sebelum membahas lebih dalam mengenai pengertian ALU perlu diketahui bahwa masing – masing komponen pada komputer menjalankan fungsinya sendiri dan diintegrasikan ke dalam suatu sistem komputer, termasuk juga pada ALU. Anda pasti sudah mengetahui bahwa di dalam CPU terdapat berbagai macam komponen pendukung. Semua proses yang ada dalam CPU kemudian diteruskan ke komponen output. Oleh karena itu kerusakan pada salah satu komponen pendukung juga dapat berdampak sangat besar pada komputer anda.

Pengertian ALU adalah salah satu komponen CPU yang berfungsi menjalankan tugasnya sesuai dengan perintah dari otak komputer yakni CPU itu sendiri. Sesuai dengan namanya perangkat ini lebih berkonsentrasi kepada fungsi aritmatika dan fungsi logika.

Fungsi aritmatika adalah suatu fungsi yang mengarah ke operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, penjumlahan tidak bertanda dan lain – lain. Sedangkan maksud dari fungsi logika sendiri adalah seringkali digunakan untuk mengoperasikan logika AND, OR, XOR dan lain – lain.

pengertian ALU dan fungsi ALU 

[sumber: https://www.nesabamedia.com/pengertian-alu/

Pengertian Cache Memory

Memori cache, juga disebut memori CPU, adalah static random access memory (SRAM) berkecepatan tinggi yang dapat diakses oleh mikroprosesor komputer lebih cepat daripada yang dapat mengakses random access memory (RAM). Memori ini biasanya terintegrasi langsung ke dalam chip CPU atau ditempatkan pada chip terpisah yang memiliki interkoneksi bus yang terpisah dengan CPU.

Tujuan dari memori cache adalah untuk menyimpan instruksi dan data program yang digunakan berulang kali dalam pengoperasian program atau informasi yang kemungkinan dibutuhkan CPU selanjutnya. Prosesor komputer dapat mengakses informasi ini dengan cepat dari cache daripada harus mendapatkannya dari memori utama komputer. Akses cepat ke petunjuk ini meningkatkan kecepatan keseluruhan program.

Saat mikroprosesor memproses data, mikroprosesor terlihat pertama kali dalam memori cache. Jika ia menemukan instruksi atau data yang dicari dari pembacaan data sebelumnya, ia tidak harus melakukan pembacaan data yang lebih memakan waktu dari memori utama yang lebih besar atau perangkat penyimpanan data lainnya. Memori cache bertanggung jawab untuk mempercepat operasi dan pemrosesan komputer.

 [sumber: https://appkey.id/blog/istilah-it/apa-itu-cache-memory/

Pengertian Clock

Pengertian ClockSpeed Pada CPU adalah ukuran dari seberapa besar kecepatan komputer menyelesaikan perhitungan dasar serta operasi. Ini diukur sebagai dalam frekuensi `hertz, serta paling tak jarang mengacu pada kecepatan CPU komputer, alias Central Processing Unit. Clock speed adalah frekuensi kecepatan perbuatan yang sangat tinggi, satuannya adalah megahertz serta gigahertz. 1 megahertz artinya satu-juta siklus per detik, sementara gigahertz adalah satu-milyar siklus per detik. Sehingga komputer dengan kecepatan clock 800MHz berlangsung 800.000.000 siklus per detik, sedangkan komputer 2.4GHz berlangsung 2.400.000.000 siklus per detik.

Pengertian ClockSpeed Pada CPU

Bagaimana Clock speed, dipakai sebagai standar kecepatan komputer adalah persoalan yang tetap sehingga permengenaian, serta sebagian besar pembuat chip tampak menuju pada kesimpulan bahwa Clock speed wajib ditinggalkan sebagai kualitas mutlak yang diberbagi. Persoalannya datang dari kenyataan bahwa, mesikipun Clock speed bekerja sebagai indikator yang lumayan handal, terjadi persaingan antar perusahaan chipset yang tak sama pendapat itu. Salah satu argumen Clock speed CPU tak bisa diandalkan sebagai kecepatan komputer dengan cara keseluruhan adalah tak sedikit hal lain yang ikut bermain. Jumlah RAM komputer, Clock speed RAM, Clock speed dari front-side bus, serta ukuran cache, semua itu memainkan peran penting dalam menentukan kinerja komputer dengan cara keseluruhan.
Ketika membandingkan satu chip Intel Pentium dengan Pentium chip lain umpama, clock speed adalah indikator yang lumayan baik. Komputer berbasis Pentium 800Mhz bakal meperbuat tugas prosesor kurang lebih dua kali kecepatan komputer Pentium 400MHz. Ketika membandingkan prosesor perusahaan yang tak sama, bagaimanapun juga  cerita bakal berubah. Apabila kami menonton pada kedua chip yaitu Pentium serta chip AMD umpama, kami menemukan bahwa AMD cenderung untuk meperbuat tugas yang lebih cepat dari Pentium pada kelas yang sebanding. Suatu  chip AMD 1.8GHz kemampuannya melebihi signifikan chip Pentium 1.8Ghz, bahkan meperbuat mendekati kecepatan Pentium 2.2GHz.
 
 Untuk argumen ini, AMD berhenti menetapkan clock speed mereka sebagai metode mutlak beriklan bagi komputer mereka. AMD Athlon 64 3000, umpama, mempunyai kecepatan clock hanya 1.8GHz, namun AMD bertekad untuk menjadi kira-kira seimbang dengan Pentium 4 pada 3GHz. Intel sendiri juga mulai menjauh dari iklan clock speed, khususnya sebab pengenalan mereka pada laptop-oriented M, yang mempunyai kecepatan clock jauh lebih rendah untuk mengoptimalkan kinerja portabel. Dengan tetap berpegang pada model clock speed, Intel membikin komputer Pentium-M-nya terkesan semacam lambat serta lemah dibandingkan dengan model Pentium 4 mereka.
 
 Mesikipun clock speed tetap bisa memberbagi fotoan umum mengenai daya omputasi, pada sekarang orang-orang lebih tak jarang merekomendasikan benchmark untuk membandingkan kecepatan komputer. Menonton hasil pengukuran bagaimana beberapa prosesor menangani tugas-tugasnya, bakal memberbagi fotoan yang lebih jelas mengenai bagaimana komputer bakal bekerja untuk Anda. Satu komputer bisa dengan cara signifikan lebih cepat dari yang lain dengan merubah foto dalam program tampilan grafis, umpama, namun lebih lambat pada permainan video-intensif. Paradigma ini lebih baik, artinya peringkat ditentukan oleh kemampuan komputer meperbuat tugas tertentu, bukan fokus dengan cara eksklusif pada clock speed. Dengan demikian akhirnya konsumen bakal lebih memahami semacam apa produk yang mereka bisa harapkan. 
 

Perbedaan Intel dan AMD

Antara Intel dan AMD tentu memiliki perbedaannya masing masing. Meskipun demikian baik Intel maupun AMD juga memiliki keunggulannya sendiri.

perbedaan intel dan amd pada komputer

Sehingga saat kamu membeli laptop, memilih yang menggunakan processor Intel maupun AMD tak ada salahnya, karena semua bergantung pada kebutuhanmu saat menggunakan laptop.

Berikut ini saya akan uraikan beberapa perbedaan dari processor Intel dan AMD, baik itu dari kecepatan, tampilan, harga, dan lain sebagainya.

Sehingga, kamu bisa menentukan sendiri mana yang lebih baik untuk kamu pilih saat hendak membeli laptop.

Kecepatan Intel dan AMD

Menggunakan laptop yang lemot pasti menyebalkan. Apalagi saat kita dituntut cepat dalam mengerjakan sesuatu. Rasa rasanya ingin sekali membanting laptop tersebut.

Bukan perkara laptop yang murahan, ternyata processor juga memengaruhi kecepatan laptop tersebut, loh.

Jika kamu ingin memiliki laptop yang cepat saat membuka berbagai aplikasi tanpa harus menunggu lama, kamu bisa memilih Intel yang dinilai lebih cepat daripada AMD.

Hal ini dibuktikan dari tes benchmark yang memperlihatkan jika Intel lebih unggul soal kecepatan dibandingkan rivalnya yakni AMD.

Grafis Game Intel dan AMD

Apakah kamu termasuk PC gamers sejati? Hmm, sepertinya kamu bisa memilih laptop dengan processor AMD. Pasalnya AMD terbukti lebih kuat daripada Intel.

Karena kinerja AMD tetap bertahan di posisi yang sama meskipun suhu laptop meningkat.

Dengan demikian, kamu tidak akan terganggu saat memainkan game di laptop, karena processor menjadi hal penting supaya game dapat berjalan lancar.

Manajemen Suhu Intel dan AMD

Hal yang wajar saat menggunakan laptop seketika suhu di dalamnya naik. Dalam kasus ini dibutuhkan manajemen suhu yang baik pada processor.
Tetapi, antara Intel dan AMD processor manakah yang memiliki manajemen suhu yang baik?

Ternyata, soal manajemen suhu Intel menjadi juaranya, karena lebih baik daripada AMD.

Hal ini didasari teknologi baru yang membuat kinerja processor akan diturunkan saat suhu meningkat.

Penyesuaian otomatis ini membuat suhu laptop yang digunakan Intel jadi lebih tenang dan tak terlalu panas.

Multimedia Intel dan AMD

Mengenai multimedia antara Intel dan AMD, ternyata Intel lebih unggul karena gambar yang ditampilkan jauh lebih tajam.

Hal ini telah dibuktikan dalam dunia game sendiri. Jadi, para gamers yang hendak memilih laptop yang tajam gambarnya bisa memilih Intel.

Sensitivitas Virus

Jika di poin poin sebelumnya lebih banyak Intel yang menjuarai. Soal sensitivitas virus ternyata AMD lebih unggul dibandingkan Intel.

Beruntungnya kamu yang memiliki laptop dengan processor AMD, karena teknologi yang dimiliki AMD memungkinkan untuk dapat mendeteksi virus sebelum mengganggu laptop kamu.

Hal ini berbeda dengan yang dimiliki Intel dimana teknologi yang digunakan masih terbilang rendah sehingga belum bisa menangkal virus pada laptop.

Perbandingan Harga Intel dan AMD

Setelah membahas dari sisi yang telah disebutkan di atas. Mungkin kamu jadi penasaran antara Intel dan AMD manakah yang menawarkan harga lebih terjangkau?

Kabar baiknya, harga laptop dengan processor AMD terbilang lebih murah. Dan sebaliknya laptop dengan processor Intel lebih mahal sedikit dibanding AMD.

Meskipun demikian, baiknya kamu bijak dalam memilih processor laptop. Ingat, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Tingkatan Processor AMD dan Intel

Dua processor yang sama kuatnya ini memiliki produk CPU yang beragam. Wajar jika kamu bingung saat akan memilih processor yang sesuai. Keduanya juga memiliki urutan processor terbaik dari tahun ke tahun.

 [sumber: https://kangmasian.com/perbedaan-intel-dan-amd/ ]

Socket Prosesor AMD

1. Socket 462

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Pada tahun 2000an , AMD untuk yang pertama kali meluncurkan socket prosesor yaitu Socket seri 462 . Socket ini memiliki 462 buah pin konektor dan dirancang untuk prosesor AMD seri Athlon XP, Duron, dan Sempron. socket buatan AMD yang pertama ini memiliki keunggulan dibandingkan socket seri 423 milik Intel yang dibuat pada tahun yang sama. Kelebihan antara lain lebih berumur panjang ketimbang socket 423 milik Intel. Terbukti socket ini telah digunakan semenjak genereasi Athlon. Dan Athlon memiliki lima generasi antara lain Barton, Thoroughbred, Palomino, AthlonXP, & Thunderbird. Selama generasi itu, socket 462 masih dipercaya menjadi konektor prossesor.

2. Socket 754

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Meskipun sudah bertahan lama, tetap saja seiring berkembangan zaman socket 462 dinilai sudah ketinggalan zaman & sudah tidak efektif lagi digunakan untuk prosesor dan komputer modern. Setelah berakhirnya era 462, AMD kembali meluncurkan socket 754 atau juga biasa disebut dengan generasi K8. hadirnya teknologi ini ternyata khusus untuk prosesor kelas low end, bahkan semua prosesor generasi K8 pernah menggunakan jenis socket 754. yaitu prosesor Athlon 64 dan Sempron K8 merupakan diantara prosesor AMD yang pernah menggunakan socket.

3. Socket 939

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Jika 754 digunakan untuk prosesor kelas low-end, maka socket versi 939 lebih dikhususkan untuk prosesor mid-high / menengah ke atas. Teknologi yang ada pada socket 939 cukup lebih modern dibanding dengan socket 754. Bahkan socket ini telah mendukung memori DDR2 yang dirasa lebih modern pada masa itu, serta telah digunakan oleh prossesor AMD sekelas Athlon64 generasi yang lebih baru yakni Venice & diatasnya, pun juga Athlon64 X2, Athlon Fx, Opteron, & dll. Namun sangat disayangkan PC yang menggunakan socket ini pada saat itu sangat mahal sehingga sedikit peminatnya. Karena alasan tersebut socket 939 tidak diproduksi begitu lama. Justru pihak AMD merilis socket baru yakni AM2.

4. Socket AM2

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM2 dilrilis pasca versi 939 dirasa tidak efektif lagi menunjang prosesor komputer. & socket ini dibuat dengan harapan bisa digunakan untuk semua prosesor atau istilahnya bersifat universal, sekaligus agar berumur panjang. AM2 ialah masa dimulainya revolusi socket yang dibuat pihak AMD. Pada saat ini jugalah socker AM2 dihadirkan untuk memudahkan konsumen, yang mana ketika pengguna ingin melakukan upgrade komponen tidak harus mengganti motherboard. Karena prosesor & motherboard tidak terisolasi seperti versi sebelumnya. Yaitu Athlon64 generasi Orleans ke atas, Athlon X2 ke atas, Athlon FC, & Sempron generasi Manila ke atas merupakan prosesor yang telah menggunakan socket AM2 ini.

5. Socket AM3

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM3 telah mendukung memori DDR3 dan Hypertransport hingga 3200 MHz.  diciptakan di era PC modern yang menggunakan prosesor AMD seri 8xx, bahkan telah kompatibel dengan prosesor Phenom II, Athlon II, &Sempron. Namun menariknya, prosesor socket AM2 ternyata tidak bisa digunakan untuk socket jenis AM3.

6. Socket AM4

Jenis-jenis Socket Processor AMD dan Penjelasannya

Socket AM4 merupakan versi terbaru yang diluncurkan oleh AMD & sudah mendukung memori DDR4. & kompatibel dengan prosesor seri FX / seri APU terbaru dengan arsitektur AMD yang baru juga tentunya.

[sumber: https://www.kiosbarcode.com/blog/jenis-jenis-socket-processor-amd/ ]

Macam-Macam Socket Processor Intel

 

  • Soket 423


Ini adalah soket yang digunakan oleh prosesor fenomenal, Intel Pentium 4 generasi pertama yang sering disebut ‘Willamette’. Soket ini mendukung teknologi baru intel, Quad Pumped Bus hingga 100Mhz (400Mhz FSB). Selain itu, di soket ini intel hanya mendukung penggunaan memory yang di produksi oleh Rambus yang sering disebut dengan RDRAM. Saat itu, platform ini kurang populer dan harganya cukup mahal. Soket ini umurnya cukup singkat, kurang dari setahun langsung diganti soket 478 yang mendukung penggunaan memory DDR. Chipset yang terkenal di soket ini adalah Intel i850/855.

  • Soket 478


Soket 478 ini memiliki 478 pin konektor dan soket ini berumur cukup panjang. Soket ini menggantikan soket 423 yang berumur sangat singkat dan disiapkan untuk berkompetisi dengan platform soket A milik AMD. Soket ini mendukung FSB 400, 533 hingga 800Mhz (Tergantung dukungan Chipset). Soket ini juga tidak lagi menggunakan RDRAM, namun DDR yang saat itu harganya lebih murah dibanding RDRAM. Soket ini mendukung prosesor Intel pentium 4 generasi Willamette, Northwood, generasi awal dari Pentium 4 Prescott dan juga Celeron. Chipset yang cukup terkenal di soket ini adalah Intel i875P (Canterwood) dan i865PE (Springdale).

  • SoketLGA 775


Socket LGA775 ini merupakan penerus dari soket 478. Soket ini sering disebut juga soket ‘T’ yang tidak lagi menggunakan pin karena berjenis Land Grid Array (LGA). Keuntungan soket jenis LGA ini adalah mengurangi resiko pin patah atau bengkok saat pemasangan prosesor. Cara pemasangan prosesor di soket jenis LGA ini juga sedikit berbeda. Soket ini mendukung prosesor Intel Pentium 4 generasi Prescott, Cedar Mill, Celeron dan juga mendukung prosesor generasi Core Mikroarsitektur seperti Core2 Duo, Core2 Quad seperti Conroe, Kentsfield, Yorkfield, Wolfdale, Allendale wah semua codename Core2-based disebut . Masa pakai soket ini cukup panjang, bahkan hingga artikel ini ditulis masih bertebaran platform LGA775. walau demikian soket ini masih memiliki kekurangan karena chipset i955X dan i975x (sebelum revisi) karena tidak mendukung generasi core2. Soket ini mendukung FSB (Front Side Bus) hingga 1600 Mhz QPB dan chipset yang mendukung FSB 1600 Mhz ini adalah intel X48. Chipset yaang populer di soket LGA775 ini antara lain i975x, P965, P35, X38, X48, P45 dan nForce 6xx dan 7xx, banyak ya?hehehehe… Banyak karena umurnya cukup panjang dan telah dilalui aneka generasi prosesor, sebut saja Pentium 4, Pentium D, Core2 Duo, Core2 Quad, Pentium Dual-core dan Celeron.

  • Soket H/LGA 1156

Kalo soket LGA1366 untuk segmen high end, nah yang LGA1156 ini ditujukan untuk segmen mid-low. Soket ini mendukung penggunaan prosesor Core i7 (Lynfield), Core i5(Lynfield/Clarkdale), Core i5 dan Core i3. Tidak seperti LGA1366, LGA1156 ini hanya mendukung dual channel DDR3. Di platform LGA1156 ini, intel membuat terobosan dengan memindahkan PCIE controller dan onboard graphic dalam prosesor, meski tidak dalam satu crystal (Generasi Clarkdale). Chipset untuk platform LGA1156 adalah intel P55, H55, H57 dan Q57.

  • Soket LGA 1366

Soket ini berarti mengecilkan fabrikasi yang saat itu dari 65nm ke 45nm (Yorkfield, Wolfdale). Intel meluncurkan arsitektur baru bernama ‘Nehalem’. Nehalem memiliki Intergrated Memory Controller (IMC) serta menggunakan bus baru pengganti FSB yang disebut dengan Quick Path Interconnect (QPI), teknologi ini mirip K8 AMD dengan Hypertransportnya. Soket LGA 1366 ini merupakan soket untuk segmen high end dan enthusiast. Prosesor yang didukung adalah Core i7 (Bloomfield) Quad core dan yang baru saja meluncur Core i7 9xx (Gulftown) Six core. Soket ini mendukung penggunaan memori DDR3 Triple-Channel. Chipset yang terkenal di LGA1366 ini cuma satu, intel X58. Ini platform high-end yg menampung hanya Core i7 seri 9 (920, 930, 980X, 990X, dll), chipset-nya X58. Platform ini kencang sekali, tapi sudah digantikan dengan platform yang pakai soket 2011. Note: platform ini membutuhkan 3 keping DDR3 utk berfungsi dengan baik

  • Soket LGA 1155


Soket yang satu ini ada kemirip-miripan dikit sama Soket 1156 sob. Cuma untuk generasi di tahun 2014. Intel ngeluncurin Prosessor dengan serie kode terbarunya “Haswell” Dan Soket yang satu ini support sama Processor tersebut. Dan Soket ini hanya support untuk Intel Haswell Series. Mau dari Pentium G sampe ke core i7 extreme edition. Soket ini akan bisa menerima prosesor terbaru yg akan dikeluarkan sekitar kuartal kedua 2012 ini. Jadi, ini soket yg panjang umur dan banyak pilihan prosesornya.

  • Soket LGA 2011


Ini soket untuk prosesor sandy bridge E, dengan chipset X79. skrg baru ada 2 prosesor; Core i7 3930K dan Core i7 3960X.. keduanya pakai 6 core dan 12 thread. platform ini harus pakai 4 keping DDR3. Saat ini, LGA 2011 adalah soket utk platform desktop paling kencang yg ditawarkan Intel.

  • Soket LGA 1150


LGA 1150, juga disebut sebagai Socket H3, adalah sebuah mikro-prosessor Intel yang kompatibel dengan socket yang mendukung seri prosessor Haswell dan seri setelahnya Broadwell.
LGA 1150 juga dirancang sebagai pengganti dari LGA 1155 (atau yang kita kenal dengan nama Socket H2). LGA 1150 memiliki 1.150 pin untuk membuat kontak dengan landasan kaki-kaki processor. Sistem pendingin antara socket LGA 1155 dan socket LGA 1156 kompatibel dengan socket LGA 1150, dikarenakan mereka memiliki jarak yang sama dengan masing-masing lubang baut (yakni di jarak 75 milimeter). Semua motherboard dengan socket LGA 1150 mendukung berbagai jenis output video (VGA, DVI, HDMI – tergantung dari model masing-masing) dan juga mendukung Intel Clear Video Technology.
Chipset untuk LGA 1150 diberi nama kode Lynx Point. Prosessor Intel Xeon untuk socket LGA 1150 menggunakan chipset Intel C222, C224, dan C226.

[sumber: https://digitalsolution.co.id/macam-macam-socket-processor-intel/https://digitalsolution.co.id/macam-macam-socket-processor-intel/ ]

Pengertian RAM Dan ROM

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Pengertian RAM (Random Access Memory) merupakan suatu hardware di dalam komputer yang berfungsi ialah sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) serta  berbagai instruksi program.

Isi RAM  ini dapat diakses dengan secara acak atau tidak tergantung pengaturan tata letaknya. Data di dalam RAM ini dapat hilang pada saat komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

Kapasitas RAM di dalam suatu komputer ini berpengaruh pada tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga proses penyimpanan data, membuka data, serta menjalankan program, akan semakin cepat sesuai besarnya RAM komputer tersebut.

Pengertian ROM (Read Only Memory)

Pengertian ROM (Read Only Memory) merupakan jenis memori atau tempat penyimpanan data di didalam perangkat komputer yang sifatnya itu permanen sehingga tidak mudah berubah atau  juga hilang meskipun komputer tiba-tiba mati.

ROM ini termasuk dalam kelompok perangkat keras komputer yang berupa chip memori semi konduktor yang mana isinya itu hanya bisa dibaca saja bahkan untuk menyimpan data pada ROM dapat  dibilang tidak mudah. Biasanya ROM ini berisi program-program yang default dari pabrik sehingga umumnya ROM ini digunakan untuk menyimpan firmware.

 [sumber: https://pendidikan.co.id/pengertian-ram-dan-rom-fungsi-jenis-dan-cara-kerjanya/ ]

Tipe-tipa Umum RAM

  1. DRAM
    RAM jenis DRAM
    RAM jenis DRAM

Akses DRAM atau Acces Acces. Memori merupakan jenis RAM yang dimiliki oleh komputer. Untuk data atau kode program yang dijalankan dengan menggunakan prosesor, Komputer ini menggunakan memori jenis ini.

Setiap bit data atau kode program disimpan pada DRAM. Penyimpanan pada DRAM ini tersusun atas kapasitor dan juga transistor.

DRAM Kelebihan:

  • Desainnya sederhana.
  • Kecepatannya lumayan baik
  • Biaya produksi lumayan rendah

DRAM Kelemahan:

  • Mengonsumsi daya yang cukup tinggi.

 

  1. SDRAM
    RAM jenis SDRAM
    RAM jenis SDRAM

SDRAM atau Synchronous Dynamic Acces Acces Memori merupakan DRAM yang disesuaikan dengan sistem bus yang membentuk memori semikonduktor DRAM. Kecepatannya antara 100 Mhz – 133 Mhz.

SDRAM pada umumnya menyesuaikan dengan bus CPU, berjalan pada kecepatan 133 MHz, memiliki 3 kali kecepatan lebih besar dibandingkan dengan FPM RAM konvensional, memiliki 2 kali kecepatan lebih besar dibandingkan dengan EDO DRAM dan BEDO DRAM. Pada umumnya perangkat komputer baru, SDRAM bekerja untuk EDO RAM.

 

  1. RDRAM
    RAM jenis RDRAM
    RAM jenis RDRAM

Akses RDRAM atau Rambus Dynamic Memori merupakan memori paling cepat untuk komputer yang dibuat oleh Rambus.

Memori ini memiliki kecepatan hingga 133 MHz. RDRAM pada umumnya digunakan sebagai memori video yang dipasang pada kartu grafis, digunakan untuk cache memori, dan juga digunakan untuk memori sistem yang sesuai pada workstation dan juga pada server yang memiliki kenerja yang cukup tinggi.

 

  1. SRAM
    RAM jenis SRAM
    RAM jenis SRAM

Akses SRAM atau Statis Akses Memori merupakan salah satu memori yang digunakan dalam penyimpanan data. Metode yang digunakan adalah metode statistik. Apa yang disetujui dengan metode statistik? Metode statistik adalah selama listrik tetap beralih ke chip memori datanya tidak akan mengubah perubahan.

 

Berbeda dengan DRAM yang pada umumnya digunakan untuk memori utama untuk komputer, SRAM digunakan pada praktik yang lebih kecil untuk buffer hard drive, memori cache CPU, dan juga barang elektronik lainnya.

 

  1. EDORAM
    memori yang bertipe EDORAM
    memori yang bertipe EDORAM

 

EDO atau Output Data yang Diperpanjang Memori Akses merupakan chip RAM yang memiliki fungsi untuk meningkatkan pembacaan yang memerlukan dari memori pada mikroprosesor agar memiliki kecepatan yang layaknya Intel Pentium. Pada awalnya EDORAM dimaksimalkan untuk Pentium 66 MHz.

Pada tahun 1994 yang lalu, RAM mulai dikenalkan dan pada tahun 1995 mulai dibuka DRAM.

 

  1. FPM DRAM

FPM atau Halaman Cepat Akses Dinamis Akses Memori yang memiliki memori yang memiliki akses ke halaman yang lumayan cepat. Memori ini bekerja secara dinamis. FPM DRAM paling sering digunakan sebelum versi terbaru dari DRAM keluar.

 

  1. RAM flash
    Memori tipe FPM DRAM
    RAM jenis FPM DRAM

Memori Flash atau Flash RAM merupakan tempat penyimpanan yang dapat dipindahkan dan ditulis (non-volatil) namun datanya akan tetap tersimpan karena persiapan dayanya terputus.

Flash RAM memiliki sistem kerja seperti SSD. Memori ini pada umumnya dipakai pada printer, USB Flash Drive, mainan anak-anak. Dll.

 

  1. SDR SDRAM
    memori tipe SDR SDRAM
    memori tipe SDR SDRAM

SDR atau Single Data Rate merupakan salah satu memori yang mampu meminta perintah satu kali membaca dan hanya menulis setiap kali mengganti selai. Contoh produk yang memakai RAM ini selain perangkat komputer dan video game konsol.

 

  1. DDR SDRAM
    Memori jenis DDR SDRAM
    Memori jenis DDR SDRAM

DDR atau Doube Data Rate memiliki teknik pengoperasioan yang sama layaknya SDR SDRAM. Keunggulannya adalah jika DDR memiliki kecepatan kerja 2 kali lebih cepat dari yang diminta oleh abaca dan juga dua tulis setiap pergantian jam.

 

  1. GDDR SDRAM
    Memori jenis GDDR SDRAM
    Memori jenis GDDR SDRAM

GDDR SDRAM adalah RAM yang pada umumnya dikhususkan untuk rendering video grafis dan juga digunakan pada kartu video.

Daya yang digunakan GDDR hanya sedikit namun juga sedikit panas. Hal yang mungkin akan terjadi adalah solusi sederhana dan peningkatan yang lebih tinggi.

[sumber: https://metodeku.com/jenis-jenis-ram/

Tipe-tipe Tidak Umum RAM

DPRAM (Dual-ported RAM)

DPRAM adalah jenis Random Access Memory yang memungkinkan membaca atau menulis beberapa terjadi pada saat yang sama, atau hampir saat yang sama, tidak seperti single-porting RAM yang hanya memungkinkan satu akses pada suatu waktu. Video RAM atau VRAM adalah bentuk umum dual-porting RAM dinamis banyak digunakan untuk memori video, yang memungkinkan CPU untuk menarik gambar pada saat yang sama perangkat keras video membacanya keluar ke layar. Selain dari VRAM, sebagian besar jenis lainnya dual-porting RAM didasarkan pada teknologi RAM statis. Kebanyakan CPU mengimplementasikan prosesor register sebagai RAM dual-porting atau multi-porting kecil.

Video RAM
VRAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menyimpan data gambar yang ditampilkan di monitor komputer, yang bertindak sebagai buffer antara CPU dan kartu grafis. Bila ada gambar yang akan ditampilkan pada layar, gambar yang pertama dibaca oleh prosesor dan kemudian ditulis dengan VRAM. Data tersebut kemudian diubah oleh RAM digital-ke-analog converter (RAMDAC) menjadi sinyal analog yang dikirim ke layar. seluruh proses yang terjadi begitu cepat yang tidak dapat ditangkap oleh penglihatan manusia. Tidak seperti kebanyakan sistem RAM, VRAM adalah chip dual-porting, yang berarti bahwa saat layar membaca dari VRAM untuk memperbarui gambar yang sedang ditampilkan, maka prosesor yang baru menulis gambar dengan VRAM; hal ini mencegah tampilan dari kerlip antara redrawing tampilan.

WRAM (Window Random Access Memory)
WRAM 1330 AM is a radio station broadcasting a classic country format. Licensed to Monmouth, Illinois, the station serves Monmouth and the Galesburg area. WRAM is owned by Prairie Radio Communications

MRAM  (Magnetoresistive Random Access Memory)
MRAM Adalah memori (RAM) yang menggunakan teknologi electron spin untuk menyimpan informasi di sebuah komputer. MRAM telah disebut "memori yang ideal", yang menggabungkan potensi kepadatan dari DRAM dengan kecepatan SRAM dan non-volatility dari flash memory atau cakram keras. MRAM dapat menolak radiasi tinggi, dan dapat beroperasi dalam kondisi suhu yang ekstrem. MRAM sangat cocok untuk aplikasi militer dan ruang.

FeRAM/FRAM (Ferroelectric RAM)
FeRAM adalah memori random-access memory yang sama dalam konstruksi dengan DRAM tetapi menggunakan lapisan feroelektrik bukan lapisan dielektrik untuk mencapai non-volatilitas. FeRAM adalah salah satu dari meningkatnya jumlah alternatif non-volatile memori teknologi yang menawarkan fungsi yang sama seperti memori Flash. FeRAM keuntungan lebih dari Flash termasuk: penggunaan daya yang rendah, lebih cepat menulis kinerja dan jumlah maksimum yang lebih besar (melebihi 1016 untuk perangkat 3,3 V) dari menulis-menghapus siklus. Kekurangan dari FeRAM adalah kepadatan penyimpanan jauh lebih rendah dari perangkat Flash, keterbatasan kapasitas penyimpanan, dan biaya yang lebih tinggi.

Referensi :
http://id.wikipedia.org/
http://en.wikipedia.org/

[sumber: https://abewisnu.blogspot.com/2012/01/tipe-umum-ram-dan-tipe-lain-ram-pti.html ]

Jenis – Jenis ROM

1. Mask ROM
Mask ROM adalah ROM yang tidak bisa ditulis ulang (non-flashable) sehingga tidak dapat di up-grade.
 
2. PROM (Programmable Read-Only Memory)
PROM merupakan sebuah chip memory yang hanya dapat diisi data satu kali saja. Sekali saja program dimasukkan ke dalam sebuah PROM, maka program tersebut akan berada pada PROM seterusnya.
 
3. EPROM (Erasable Programmable Read-Only Memory)
EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) adalah sebuah ROM yang dapat diprogram ulang dan dihapus.
Berdasarkan proses pengisiannya terdapat dua jenis EPROM :
  1. UV EPROM (Ultraviolet EPROM) membutuhkan cahaya ultraviolet untuk menghapus data yang ada di dalamnya.
  2. EEPROM (Electrical EPROM) menggunakan aliran listrik dalam menghapus atau mem-program ulang isinya.
4. EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory)
EEPROM adalah tipe khusus dari PROM (Programmable Read-Only Memory) yang bisa dihapus dengan memakai perintah elektris.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar