Sabtu, 12 September 2020

PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER

  • prinsip penting dalam merakit komputer, yang sekiranya dapat dijadikan sebagai pedoman selama merakit komputer, di antaranya:

1. Perlengkapan yang Memadai

Sebelum mulai merakit, pastikan terlebih dahulu bahwa perlengkapan sedah lengkap. Dengan kata lain, semua yang dibutuhkan dalam perakitan komputer sudah tersedia sebelum memulai perakitan.

Periksa kembali, apakah hardware, software, peralatan dan perkakas perakitan yang diperlukan sudah tersedia di meja atau di toolbox kalian. Lekukan penataan peralatan penataan sehingga mudah diambil. Bayangkan seolah-olah sahabat TP212 sedang menjadi seorang dokter bedah yang siap mengoperasi pasien. Gambar

Selain peralatan, siapkan juga DVD untuk instalasi sistem operasi ataupun software, termasuk semua driver untuk beberapa komponen tertentu, seperti: VGA Card, monitor, dan sebagainya. Jika komponen tersebut sudah terbilang kuno, kalian mungkin perlu men-download driver yang lebih baru dari situs pembuat komponen tersebut. Gambar

Jangan lupa untuk membuka box sehingga semua komponen terlihat dengan jelas. Bukalah pembungkusnya dan pastikan semua kelengkapan beserta atributnya telah tersedia dan siap pakai. Sering kali dijumpai kotak pembungkus komponen yang tidak menyertakan beberapa perlengkapan, seperti: kabel, CD driver, dan buku manual. Gambar

2. Baca Buku Manual

Beberapa komponen memiliki buku manual yang perlu dibaca terlebih dahulu. Buku manual terdapat beberapa informasi penting, seperti: petunjuk, tips, dan teknik penggunaan komponen. Selain itu, sahabat TP212 akan mengetahui hal-hal yang boleh/tidak boleh dilakukan terhadap komponen yang akan dipasangkan. Gambar

Bukan tidak mungkin, kalian tetap bisa merakit dengan baik tanpa bantuan buku manual sedikitpun. Namun demikian, membaca manual lebih disarankan untuk menghindari terjadinya kerusakan atau ganguan fatal lainnya.

3. Download Driver

Perkembangan sistem operasi yang cepat(rata-rata 3 tahun sekali untuk windows dan 6 bulan sekali untuk linux) membuat komponen-komponen perlu di-update driver-nya. Driver adalah software yang memperkenalkan komponen tersebut kepada sistem operasi. Gambar

CD driver yang diberikan ketika membeli komponen pada umumnya hanya bekerja untuk sistem operasi yang dirilis sebelum komponen tersebut diproduksi, sehingga ketika kalian ingin merakit komponen tersebut dan memasangnya dengan sistem operasi terbaru, berarti kalian perlu mendownload driver dari pembuat komponen tersebut di website-nya. Oleh karenanya, pilih komponen yang dibuat oleh perusahaan ternama yang memiliki website di internet.

4. Waspadai Listrik Statis

Komponen komputer pada umunya mengandung rangkaian elektrik yang sangat sensitif terhadap listrik statis. Meskipun ber-voltase kecil, listrik statis dapat merusakkan komponen. Untuk menghindari kerusakan komponen akibat listrik statis, kalian perlu melakukan teknik grounding sebelum menyentuh komponen tersebut.

Bagaimana caranya? Sahabat TP212 dapat menggunakan gelang anti listrik statis yang diikat di tangan atau berupa karet. Dengan cara lain, kalian bisa memegang komponen besi(seperti casing atau power supply) sebelum memegang komponen kalian. Gambar

5. Cermati Komponen Kecil

Komponen-komponen kecil yang digunakan dalam merakit komputer antara lain sekrup dan penyangga motherboard. Karena ukurannya, komponen kecil tersebut akan mudah hilang jika tidak diperhatikan dan dicermati dengan baik. Gambar

Untuk memudahkan manajemen komponen-komponen kecil tersebut, siapkan wadah yang sesuai. Selain itu, gunakan obeng yang mengandung magnet agar memudahkan kalian dalam mengambil sekrup tersebut.

Perhatikan bahwa beberapa sekrup memiliki ulir yang berbeda. Sekrup yang digunakan untuk mengencangkan casing bentuknya berbeda dengan sekrup yang digunakan untuk mengencangkan atau memasang komponen.

6. Menggunakan Paksaan

Pada umumnya, komponen-komponen komputer sudah mudah dirakit tanpa harus menggunakan paksaan/penekanan. Penggunaan penekanan atau tenaga yang berlebih akan membuat komponen rusak –bagian-bagian yang menjadi antarmuka komponen bisa patah, melenceng atau bengkok.

Namun demikian, paksaan juga diperlukan apabila antarmukanya sangat ketat dan kencang. Sebelum memberikan paksaan/penekanan, pastikan bahwa komponen sudah diletakkan di slot-nya dengan benar dan jangan asal menekan.

7. Waspadai Listrik

Sebelum menghubungkan sumber daya ke listrik, pastikan terlebih dahulu bahwa semuanya aman. Jika kalian menjumpai munculnya bau asap atau sesuatu yang terbakar, maka segera putuskan saluran listrik. Jika terlambat maka semua komponen bisa terbakar.

Pastikan kabel-kabel sudah terhubung dengan benar untuk menghindari terjadinya korsleting. Biarkan cover casing tetap terbuka ketika melakukan pengujian; setelah semuanya beres, cover dapat ditutup. 

 

 [sumber: https://taufikpujiono212.wordpress.com/2014/06/21/membangunmerakit-pc-sendiri-3-prinsip-perakitan/ ]

 

  • Faktor-Faktor Penting yang harus diperhatikan dalam merakit PC Sendiri
            Ketika merakit PC, kalian perlu mempertimbangkan terlebih dahulu apa yang sebenarnya  kalian butuhkan atau harapkan dari PC kalian! Apakah kalian ingin menggunakan PC kalian untuk mengetik, urusan sekolah/perkantoran, internet, game, desain grafis, atau bahkan untuk menggambar sebagai drafter.

Banyak variabel yang perlu dipertimbangkan ketika merakit PC, beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Harga

2. Ukuran

3. Bisa di-upgrade

4. Kecepatan prosesor

5. Kualitas video

6. Kapasitas harddisk

7. Fitur tambahan(drive DVD, CD, Speaker, Card Reader, dll)

Perlu dipahami juga bahwa kalian bisa mendapatkan semuanya dengan optimasi sempurna, mengingatkan pentingnya memprioritaskan beberapa pertimbangan yang membutuhkan kompromi antar faktor, terutama masalah terbatasnya anggaran yang dimiliki. Sebagai contoh, ketika kalian menginginkan prosesor yang cepat, tampilan video yang unggul, harddisk yang besar, tentu membutuhkan biaya yang lebih banyak dibandingkan anggaran jika salah satu spesifikasinya lebih kecil. Bukan tidak mungkin, kalian akan membatalkan perakitan PC hanya karena minimnya anggaran untuk membangun sebuah PC yang sesuai dengan kriteria dan spesifikasi yang sahabat TP212 kehendaki.

Di samping itu, sahabat TP212 juga perlu mempertimbangkan faktor ukuran dan kemampuan untuk meng-upgrade PC kalian. Pada umumnya, ukuran PC yang besar akan memudahkan proses upgrade, walaupun tentu akan lebih memakan tempat, namun apabila ukuran PC kecil, maka ringkas, dan sulit untuk di-upgrade.

Oleh karena itu, penggunaan skala prioritas sebelum merakit PC perlu dilakukan untuk mengurutkan faktor kebutuhan pada PC yang akan dirakit, dari yang terpenting hingga yang menyesuaikan kebutuhan spesifikasi PC kalian.

1. Harga

Harga adalah salah satu faktor penting –tidak hanya dalam merakit komputer, bahkan dalam kehidupan manusia secara umum. Jika uang tidak menjadi masalah dan kalian siap menghabiskan uang dalam jumlah berapapun, maka faktor ini bisa dilewati, sehingga kalian bebas mengoptimalkan faktor-faktor lainnya.

Kenapa? Karena untuk mendapatkan peforma komputer yang maksimal, tidak bising, dan karakteristik unggul lainnya memerlukan uang lebih banyak dibandingkan mengincar karakteristik yang lebih rendah.

Dengan demikian, ketika sahabat TP212 hanya memiliki uang terbatas, pastikan kalian menggunakan skala prioritas. First thing first, kalau orang bule mengatakan. Pastikan bahwa PC kalian tetap handal walaupun anggaran terbatas.

PC yang handal adalah system yang bisa digunakan dengan benar, tidak error, mati, atau melakukan kesalahan yang tidak diinginkan. Oleh karenanya, kehandalan merupakan faktor penting yang tidak bisa dikompromikan.

Bagaimana contohnya? Dengan menggunakan PC yang stabil, kalian akan menghindari komputer mengalami hang, crash, dan data menjadi hilang. Pada keadaan khusus(seperti: hang dan crash) kemungkinan tidak saja bersumber dari hardware, namun faktor sistem operasi dan software ternyata juga berpengaruh. Pada sistem operasi, sahabat TP212 disarankan menggunakan versi windows 7 ke atas –semakin baru semakin baik. Hindari penggunaan windows 9x( win 98, 98SE dan  ME) karena banyak menilainya kurang handal dibandingkan dengan versi win 7 ke atas.Gambar

Beberapa pertimbangan yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan PC yang berkualitas, yaitu:

A. Gunakan komponen yang bagus dan berkualitas. Tidak harus dengan spesifikasi unggul atau mahal, namun cukup handal. Misalnya, tidak mudah panas karena panas akan membuat PC menjadi tidak stabil.

B. Pilih motherboard yang menggunakan chipset yang handal dan cukup terkenal. Seperti: intel, AMD, ASUS, nVidia dan Via.

C. Gunakan power supply yang baik dan menjamin output daya yang sesuai dengan label yang tercantum

D. Menggunakan pendingin yang sungguh bisa mendinginkan dengan optimal.

Sahabat TP212 bisa membaca review pada beberapa artikel seputar IT sebagai referensi memilih komponen-komponen yang berkualitas. Jangan lupa untuk mengunjungi website pembuat komponen tersebut untuk melihat spesifikasi dengan gambaran kualitasnya secara detail.

Selalu berhati-hatilah dalam berburu informasi dari website, website yang bagus dan cantik tidak serta-merta menjamin kualitas komponen yang dijualnya, begitu pula sebaliknya. Sahabat TP212 juga bisa mengunjungi beberapa forum diskusi untuk melihat tanggapan orang-orang yang sudah menggunakan komponen tersebut. Sharing pengalaman yang mereka utarakan akan lebih membantu anda.

2. Ukuran

“size does matter”, ungkapan lagi dari orang-orang bule. Ukuran merupakan sesuatu yang penting. Keunggulan ukuran PC yang besar adalah ruang yang leluasa bagi kalian yang ingin meng-upgrade PC, sehingga penambahan komponen lainnya ke dalam PC dapat dilakukan dengan mudah. Namun demikian, PC berukuran besar dinilai kurang simpel bagi sebagian kalangan karena akan menyita banyak tempat.Gambar

Ukuran PC yang kecil akan enak dipandang, mudah ditata sehingga penempatannya menjadi lebih mudah, meskipun memiliki keterbatasan dalam proses upgrading. Sahabat TP212 tidak bisa menambahkan banyak komponen ke dalamnya. Lebih dari itu, PC berukuran kecil juga lebih mudah panas karena terbatasnya sirkulasi udara di dalamnya –tidak seleluasa PC berukuran besar.

Ukuran PC yang kecil juga berimplikasi pada pemilihan komponen karena beberapa komponen tertentu tidak akan cukup jika dimasukkan ke dalam casing pada jumlah yang terlalu banyak. Pembatasan jumlah tersebut mutlak harus dilakukan bagi yang ingin ukuran PC kecil.

Ukuran kecil juga berarti jumlah kipas yang dipasang lebih sedikit. Kabel-kabel juga lebih sulit diatur di komputer dengan ukuran kecil. Meskipun menguntungkan dari segi ruang dan kesederhanaan, PC yang berukuran kecil cenderung dinilai kurang stabil.Gambar

Kecuali jika sahabat TP212 menggunakan casing mini ITX yang didisain untuk keperluan gaming, dengan dukungan komponen-komponen gaming maka stabilitas akan terjamin. Namun tidak dipungkiri harga hardware untuk gaming itu luar biasa mahal.Gambar

3. Kemampuan Upgrade

Komputer dapat dikatakan baik apabila bisa di-upgrade, sehingga komputer tersebut akan berumur lebih panjang dibandingkan komputer yang tidak bisa di-upgrade.

Pada umumnya, teknologi komputer berkembang dengan cepat dengan rentang waktu 2 sampai 3 tahun. Dengan demikian, kalian tidak perlu membeli/mengganti baru setiap 2-3 tahun; cukup meng-upgrade bagian tertentu pada PC kalian. Harddisk, RAM dan VGA card merupakan bagian PC yang pada umumnya sering di-upgrade. Dengan pemahaman ini, kalian akan menghemat banyak uang, yang tidak seharusnya digunakan untuk selalu membeli komputer baru setiap 2-3 tahun.

Agar tetap awet digunakan, pastikan PC sahabat TP212 memiliki casing yang cukup lapang, jika sewaktu-waktu kalian membutuhkannya untuk mendapatkan harddisk baru atau kipas pendingin tambahan. Selain itu, pastikan slot di motherboard juga mendukung teknologi terkini. Sebagai contoh, penggunaan motherboard lama akan menyulitkan pemasangan teknologi VGA terkini yang menggunakan teknologi AGP atau PCI Express(PCIe).Gambar

Lengkapi pula PC kalian dengan power Supply yang memiliki tenaga yang cukup bisa mengakomodasi perkembangan komponen dalam kisaran 2 sampai 3 tahun mendatang.

4. Kecepatan ProsesorGambar

Prosesor pada umumnya dibagi menjadi 3 segmen, yaitu: kelas rendah, kelas menengah, kelas tinggi. Adapun pembahasan nya bisa sahabat TP212 lihat disini.

Pilih yang mana? Tergantung kebutuhan dan kemampuan kalian. Jika kalian hanya menggunakan komputer untuk mengakses internet, mengecek email, dan mengetik, maka prosesor kelas rendah pun mencukupi. Sahabat TP212 perlu menggunakan kelas menengah keatas untuk memenuhi kebutuhan penggunaan aplikasi berat, seperti game atau desain grafis.

Walaupun ada perbedaan antarkelas prosesor tersebut, perbedaannya tidaklah kontras, namun jelas bisa dirasakan bedanya. Selain prosesor, memory juga berperan penting terhadap performa komputer.

5. Kualitas Video

Kualitas gambar yang ditampilkan pada layar monitor merupakan peranan komponen VGA card dalam fungsi pentingnya terkait masalah produksi visual pada komputer Sahabat TP212.cseperti halnya Prosesor, kualitas video yang dituntut tergantung pada tujuan penggunaan komputer tersebut. Jika komputer digunakan untuk aktivitas game atau drafting, maka kalian membutuhkan kualitas video yang lebih baik. Jika demikian, maka kalian perlu menggunakan VGA card yang terpisah dan jangan menggunakan VGA card onboard.Gambar

Video adapter terpisah yang baik depat diperoleh dengan kisaran harga 1jt rupiah; sudah mencukupi kegiatan yang berat pada komputer kalian.

Kualitas video yang lebih unggul juga harus dipenuhi apabila kalian ingin menjalankan sistem operasi yang lebih canggih, seperti windows 7 dan windows 8.1, karena keduanya memerlukan spesifikasi lebih tinggi untuk bisa mengaktifkan efek windows aero.

6. Kapasitas Harddisk

Hardisk dengan teknologi IDE sudah dianggap kuno. Sahabat TP212 dapat menggunakan teknologi SATA atau ATA dengan kecepatan minimal 7.200 RPM agar kecepatan akses data di harddisk cukup lumayan.

Selain itu, pilih juga harddisk yang tidak mudah panas dan tidak berisik. Sahabat TP212 disarankan agar lebih memilih harddisk kecepatan 7.200 RPM daripada 5.400 RPM karena selisih harga yang tidak terpaut jauh, namun performanya sangat berbeda secara signifikan.

  

 [sumber: https://taufikpujiono212.wordpress.com/2014/06/19/membangunmerakit-pc-sendiri-2-faktor-penting-merakit-pc-2/ ]

 

  • Keuntungan dan Kerugian dari Merakit PC sendiri.
            Membangun PC sendiri memang sekilas menakutkan bagi kebanyakan orang, tetapi hal tersebut merupakan sesuatu yang meng-asik kan dan menyenangkan.

Merakit PC sendiri sebenarnya mudah dan tidak sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang-orang, mengingat standarisasi komponen-komponen PC. Dengan demikian, merakit PC sama mudahnya menyusun komponen-komponen tersebut menjadi satu: ibarat permainan LEGO atau permainan menyusun balok bagi anak-anak.

Komponen-komponen PC sudah disusun sesuai dengan standar. Ukuran komponen, lubang-lubang, tempat meletakkan dan konektor kabel sudah sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga sahabat TP212 yang merakit tidak perlu khawatir bahwa tiap komponen saling bentrok dan tidak kompatibel.

Namun demikian, anda harus tetap hati-hati karena bisa saja ukuran tertentu hanya khusus untuk form factor tertentu. Misalnya, ukuran casing yang sangat berhubungan dengan ukuran dari motherboard. Jadi, ukuran casing kecil (misalnya micro ATX) yang hanya bisa mengakomodasi ukuran motherboard yang kecil pula.Gambar

Dikatakan mudah karena sahabat TP212 tinggal memasangkan komponen sesuai standar yang berlaku. Tiap komponen akan cocok dan semuanya akan bekerjasama dengan baik.

Yang perlu diperhatikan hanyalah masalah kompabilitas. Seringkali, motherboard yang baru menyediakan slot dan antarmuka yang cocok untuk komponen-komponen yang baru, sering kali komponen yang usang dan ketinggalan zaman tidak lagi disediakan antarmuka oleh motherboard, karena itu tidak bisa lagi dipadukan dengan komponen motherboard.

Komponen PC juga bukan merupakan komponen yang mudah rusak, semuanya sudah di desain sesuai standar keamanan dan memiliki opsi untuk meminimalisir kesalahan. Meskipun demikian, anda perlu berhati-hati teradap komponen yang sensitif terhadap listrik statis saat melakukan perakitan. Pastikan bahwa konektor kabel sudah benar sebelum menancapkan kabel daya ke jaringan listrik.Gambar

Sebelum merakit sendiri, sahabat TP212 perlu mengetahui berbagai alasan kelebihan merakit PC sendiri dibandingkan membeli PC dalam bentuk paket atau built-up. Selain kelebihan merakit PC sendiri, sahabat TP212 juga perlu mengetahui kekurangan/kerugian merakit PC sendiri dari pada membeli dalam bentuk paket. Mari kita bahas bersama keuntungan atau kelebihannya kawan.

Berikut adalah kelebihannya kawan, simak ya:

1. Lebih Murah

Pada umumnya harga sebuah produk paket PC akan lebih mahal dibandingkan dengan PC rakitan sendiri karena sahabat TP212 tidak perlu membayar jasa perakitan. Terlebih dibandingkan dengan harga PC yang bermerk/built-up tentu memerlukan uang tambahan untuk membayar biaya garansi, dukungan teknis dan layanan after sales service. Para pengamat menyatakan bahwa merakit PC sendiri dapat menghemat harga 75%-85%. Ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka yang suka berhemat.

2. Lebih Banyak PilihanGambar

Pembelian paket PC belum tentu bisa mengakomodasi kebutuhan sahabat TP212, tidak sebebas merakit PC sendiri. Tingkat kostumisasi yang bisa diakomodasi juga terbatas, misalnya sahabat TP212 hanya bisa memilih kapasitas Hardisk, Memory(RAM) dan Monitor, tetapi yang menentukan tetaplah pihak penjual. Opsi-opsi yang disediakan tergantung kepada yang bisa diberikan oleh penjual.

Jika sahabat TP212 meminta apa yan tidak terdapat pada opsi yang diberikan oleh penjual, maka kemungkinan anda tidak akan mendapatkannya. Misalnya: mengganti Motherboard, menganti kipas pendingin(FAN), memilih merk VGA, dan sebagainya.

Berbeda halnya jika sahabat TP212 merakit PC sendiri, sahabat metro bebas memilih apapun(merk, spesifikasi, hingga harga komponen). Dengan demikian, maka sahabat TP212 akan sungguh mendapatkan spesifikasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sahabat TP212.

Karena lebih banyak pilihan, sahabat TP212 bisa memilih desain yang lebih fleksibel. Anda bisa melakukan optimasi desain sehingga sahabat TP212 bisa memilih apa saja yang penting untuk komputer dan apa saja yang tidak dibutuhkan. Dengan demikian, nilai efisiensi uang yang sahabat TP212 berikan akan optimal.

Kenapa uang jadi efisien? Karena dengan merakit PC sendiri, sahabat TP212 membelanjakan uang pada barang-barang yang sungguh dibutuhkan, sehingga tidak ada uang yang diboroskan. Pemborosan sering terjadi ketika kita membelanjakan uang untuk membeli fitur mahal yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan ketika membeli paket PC.

3. Bebas Memilih Software

Salah satu penghematan Sekaligus keuntungan merakit PC sendiri adalah bebas memilih software. Komponen-komponen yang dijual di pasar umumnya adalah komponen yang kompatibel dengan semua software yang ada di pasaran. Berbeda dengan komponen branded yang kadang perlu tweak khusus agar bisa bekerja dengan software tertentu.Gambar

Jika membeli komputer branded, anda akan diberi bonus beberapa software, seperti sistem operasi windows, office dan software lainnya. Walaupun disebut “bonus”, sahabat TP212 harus tetap membayarnya. Oleh karena itu, sahabat TP212 bisa menghemat ongkos software dengan merakit PC sendiri.Gambar

Seandainya anda tetap memerlukan software, seperti windows dan office, sahabat TP212 dapat membelinya secara terpisah sehingga software-software yang digunakan nantinya merupakan software yan benar-benar diperlukan.

Penghematan besar-besaran dapat dilakukan lebih optimal seandainya sahabat berkenan software gratis serta open-source, tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli software berbayar.

4. Garansi Lebih Terjamin

Jika anda merakit PC sendiri, maka komponen yang sahabat TP212 pilih pasti komponen yang tersedia di pasar bebas. Komponen yang berada di pasar bebas akan lebih baik garansinya dibandingkan komponen OEM yang biasa di gunakan oleh pabrikan PC besar.

Dengan demikian, jika komponen tertentu yang sahabat TP212 gunakan rusak, maka komponen mudah diklaim garansinya dibandingkan komponen OEM. Sahabat TP212 tinggal mendatangi toko atau agen yang menjual komponen tersebut, kemudian toko akan mengirimkannya ke distributor produk tersebut untuk mengganti atau memperbaikinya.

Oleh karena itu, pastikan bahwa sahabat TP212 telah menyimpan bukti transaksi atau kartu garansi pembelian komputer dengan baik. Hal tersebut penting apabila sewaktu-waktu komponen mengalami kerusakan. Demikian halnya dengan pembelian software, simpan pula bukti pembeliannya untuk mengklaim garansi apabila ada error atau kerusakan.

5. Lebih Mengenal PC

Jika sahabat TP212 membeli komputer secara paket, maka yang bisa sahabat TP212 lakukan hanyalah membuka bungkusnya, menancapkan kabel, kemudian mengoperasikannya.

Pengenalan mendalam terjadi ketika sahabat TP212 merakit PC sendiri dari awal, yang memungkinkan sahabat TP212 dapat mengetahui dan mengenal komputer kalian secara detail, mulai dari harddisk, memory(RAM), sampai sekrup-sekrup yang digunakan selama perakitan. Dengan demikian, maka kalian akan lebih mudah memperbaikinya jika terjadi kerusakan atau masalah tertentu pada komputer sahabat TP212 sekalian.

Selain itu, sahabat TP212 akan lebih mudah melakukan upgrade, karena mengetahui dengan baik setiap detail spesifikasi ketika membuatnya pertama kali. Lebih dari itu, penyesuaian penggunaan komponen akan lebih mudah dilakukan karena wawasan kalian semakin luas mengenali dan mengikuti perkembangan yang terjadi.

Hal ini berbeda dengan paket komputer yang umumnya mengandung komponen tertentu yang baik menggunakan standar industri dengan alasan karena pihak penjual ingin memaksakan untuk mengupgrade dari perusahaan penjual tersebut, sehingga anda tidak bisa mencari komponen-komponen tersebut di toko-toko komputer biasa.

 

[sumber:  https://taufikpujiono212.wordpress.com/2014/06/18/membangunmerakit-pc-sendiri-1-keunggulan-merakit-pc-sendiri/ ]


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar