Selasa, 08 September 2020

Paus Pembunuh VS Hiu Putih Besar, Siapa yang Lebih Hebat?

 

 

Nakama Aquatics –Ketika kita memikirkan predator top di lautan, kebanyakan dari kita mungkin akan menggambarkan hiu. Lebih khusus lagi, kita mungkin membayangkan Hiu Putih Besar yang hebat.

Tetapi ada beberapa sumber yang membongkat tentang cara menarik untuk menakuti hiu dari pantai Australia, yaitu dengan memutar rekaman ‘jeritan’ paus pembunuh. Jika hiu putih besar benar-benar predator puncak lautan, mengapa ia begitu takut pada paus pembunuh?

Nah, ternyata paus pembunuh telah diketahui memangsa hiu.

Paus Pembunuh atau Paus Orca juga dikenal memakan Hiu Mako dan beberapa spesies lainnya. Saat berburu hiu, Paus Pembunuh selalu berakhirdengan membalik-balikkan hiu, terlepas dari bagaimana serangan dimulai.

Ketika terbalik, hiu menjadi lumpuh yang dikenal sebagai ‘imobilitas tonik’ dan tidak bisa melawan, yang menunjukkan bahwa Paus Orca mengerti sedikit tentang biologi hiu. Pertanyaannya, benarkah Paus Pembunuh lebih hebat daripada Hiu Putih besar? Mari kita coba bahas satu per satu.

Paus Pembunuh

Dimulai dari Paus Pembunuh. Paus Pembunuh atau Paus Orca adalah salah satu mamalia air besar dengan ukuran mencapai 32 kaki dengan berat hingga 9 ton.

Mereka biasanya berenang dengan kecepatan 5 hingga 6,4 km per jam tetapi dapat mencapai kecepatan hingga 48 km per jam dalam sergapan singkat.

Paus Orca memiliki 40-50 gigi kerucut besar dengan ukuran 7,6 cm yang mereka gunakan untuk menangkap dan merobek mangsa, bukan untuk mengunyah. Diet mereka berbeda berdasarkan populasi.

Di Pasifik Utara, Paus Orca memakan ikan dan mamalia laut. Sedangkan jika di perairan Selandia Baru, Paus Orca telah diketahui memakan ikan pari dan hiu.

Paus Orca atau Paus Pembunuh adalah hewan yang sangat sosial dan hidup dalam kelompok yang berkisar antara 2 hingga 15 ekor, tetapi kadang-kadang mereka terlihat berburu dalam kelompok hingga 40 ekor. Paus pembunuh bekerja bersama ketika berburu dan mereka saling mengajarkan teknik lain. Para ibu dari Paus Pembunuh telah diamati sedang mengajar anak-anak mereka bagaimana cara berenang sendiri untuk berburu anjing laut. Di Antartika, mereka membuat gelombang untuk membersihkan segel dari es yang mengambang, sungguh mengagumkan.

Hiu Putih Besar

Lalu di pihak lawan, ada ikan Hiu Putih Besar yang merupakan ikan predator di lautan dengan ukuran yang cukup besar sekitar 20 kaki dengan berat 2.268 kg.

Hiu Putih Besar biasanya berenang dengan kecepatan sekitar 15 mil per jam atau setara dengan 24 km per jam.

Seperti yang kamu ketahui bahwa ia merupakan ikan predator terbesar di dunia. Gigi segitiga tajam mereka punya panjang lebih dari 5,7 cm dan mereka menggunakannya untuk merobek potongan besar daging dari mangsa mereka. Mereka memangsa ikan dan secara aktif berburu mamalia laut kecil, termasuk lumba-lumba, anjing laut dan singa laut. yah walaupun mereka kadang-kadang juga memakan penyu, moluska hingga krustasea.

Berbeda dengan Paus Pembunuh yang suka berkelompok, umumnya Hiu Putih adalah binatang yang soliter alias suka menyendiri.

Teknik berburu mereka bervariasi berdasarkan mangsa. Saat berburu anjing laut berbulu coklat, mereka menyergap anjing laut dari bawah, memukul anjing laut dengan kecepatan tinggi. Mereka sering menyergap dari atas atau bawah untuk menghindari terlihat, tetapi banyak Hiu Putih Besar dari Altantik akan berburu di dekat pantai di perairan dangkal.

Lalu yang kadang bikin terkejut adalah ketika mereka kesulitan mencari makan, biasanya mereka mencari bangkai paus dan memakannya.

Kasus 1

Sebelum mengambil kesimpulan siapa yang lebih hebat, kamu harus tahu 2 kasus dimana ada pertarungan Paus Orca melawan Hiu Putih.
Kasus yang pertama dimulai dari sekelompok Hiu Putih telah berenang di dekat pantai ketika sekelompok Paus Orca muncul. Para orca menggiring Hiu Putih ke arah pantai, memaksa mereka masuk ke perairan yang lebih dangkal dan seekor hiu berusaha sangat keras untuk melarikan diri hingga terdampar. Namun tak satu pun dari para pengunjung pantai yakin jika para Orca ini berhasil memangsa Hiu Putih, tetapi mereka memperhatikan beberapa hiu sempat ada yang terluka.

Kasus 2

Kemudian pada kasus kedua ada 2 ekor Paus orca yang baru saja membunuh singa laut. Beberapa orang menyaksikan Paus Orca untuk sementara waktu lebih lama ketika sesuatu yang jauh lebih menarik terjadi. Pertama-tama, Hiu putih besar berenang ke arah kapal dan kemudian segera beralih arah ketika salah satu Paus Orca mulai berenang ke arah itu. Keduanya menghilang untuk waktu yang singkat dan kemudian yang mengejutkan adalah nampak Paus Orca muncul kembali dengan Hiu Putih yang sudah mati di mulutnya. Wow mengerikan sekali ya?

Kesimpulan

Jadi bisa disimpulkan pemenangnya adalah Paus Pembunuh alias Paus Orca. Hiu putih Besar mungkin memiliki gigi yang menakutkan, tetapi Paus Pembunuh lebih besar dan lebih cepat. Paus pembunuh juga memiliki keunggulan saat berburu dalam kelompok besar.

[sumber: http://nakamaaquatics.id/2019/10/17/paus-pembunuh-vs-hiu-putih-besar-siapa-yang-lebih-hebat/ ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar