Sabtu, 19 September 2020

PENGERTIAN,SEJARAH,DAN CARA KERJA MOUSE

Pengertian Mouse

Mouse dapat didefinisikan sebagai perangkat keras komputer yang menerima input seperti gerakan, tekanan tombol (click), dan gulungan (scroll) yang juga bisa digunakan untuk memblok teks, ikon, file dan folder.

Dalam bahasa Indonesia, mouse diartikan sebagai “tetikus”. Disebut seperti itu sebab bentuk dari perangkat ini mirip dengan tikus yang kecil yang meruncing di depan dan menggembung besar di bagian tengah dan belakang.

Mouse dalam komputer sangat dibutuhkan, karena jika tidak ada mouse maka akan terasa kurang dan ketika mengoperasikan komputer akan terasa kurang maksimal. Perkembangan mouse sangat mengalami kemajuan yang pesat.

Sejarah Mouse

pengertian mouse

Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart. Ia memperkenalkan mouse di tahun 1963 hal itu merupakan awal mula mouse dikenal oleh publik.

Kemudian Douglas Engelbart di tahun 1970 mengenalkann mouse yang dapat mengetahui keberadaan X-Y di monitor yang disebut sebagai X-Y position indicator.

Selanjutnya Xerox berhasil melakukan perbaikan mouse komputer yang lebih sempurnya dari penemuan Douglas Engelbart ini, dan secara komersial dipakai oleh apple dan microsoft.

Mouse mengalami perkembangan yang bisa dilihat dari bentuk fisiknya, mouse dulu menggunakan teknologi sensor mekanik atau mechanical mouse dan saat ini sudah menggunakan model optical mouse.

[sumber: https://www.onoini.com/pengertian-mouse/ ]

Cara Kerja Mouse Komputer

Anda harus tahu bahwa pointer (pointer) yang disebut sebagai “mouse” dapat dipindahkan ke mana saja tergantung pada arah pergerakan bola kecil yang terdapat pada mouse. Ketika kami membuka dan menghapus bola kecil yang ada di belakang mouse, 2 pengontrol gerakan ditampilkan di dalamnya. Dua kontrol gerak dapat bergerak dengan bebas dan mengontrol pergerakan penunjuk, satu di arah horisontal (horizontal) dan yang lainnya di arah vertikal (atas dan ke bawah).

Jika Anda hanya menggerakkan pengontrol horizontal, pointer hanya bergerak secara horizontal di layar komputer. Sebaliknya, ketika pointer vertikal dipindahkan, pointer (pointer) hanya bergerak secara vertikal pada layar monitor.

Jika kita memindahkan keduanya, gerakan pointer menjadi diagonal. Sekarang ketika bola kecil diganti, bola menyentuh dan menggerakkan dua kontrol gerakan ke arah mouse yang kita bergerak.

Kebanyakan tikus memiliki tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, paling kiri dan paling kanan. Efek penekanan tombol, yang disebut sebagai “mengklik”, tergantung pada objek (area) yang kita tunjuk. Komputer mengabaikan penekanan tombol (klik) jika itu bukan area atau objek yang tidak penting.

Kemudian kita juga tahu istilah “seret” ketika menggunakan mouse, yang berarti “bergerak” atau “seret”. Jika kita menekan tombol paling kiri tanpa melepaskannya dan saat kita geser, salah satu hasilnya adalah objek dipindahkan atau dipindahkan (disalin) ke objek lain dan ada opsi lain.

Opsi ini tergantung pada jenis program aplikasi yang kami jalankan. Mouse terhubung ke komputer yang terhubung ke mouse dengan kabel. Ujung kabel dicolokkan ke konektor pada CPU komputer.

[sumber: https://fungsi.co.id/fungsi-mouse/ ]

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar